Penyebab Payudara Kendur

Penyebab Payudara Kendur
Penyebab Payudara Kendur. Hamil dan menyusui bukan menjadi satu-satunya penyebab payudara menjadi tidak indah, tidak seksi dan tidak kencang. Faktor usia juga mempengaruhi kekencangan payudara. Berikut beberapa penyebab payudara menjadi kendur, antara lain:
  1. Semakin bertambah usia, membuat berkurangnya kemampuan jaringan ikat yang menghubungkan kelenjar lemak dan kelenjar susu di dalam payudara. Otot-otot dada (otot maskulus/otot pectoralis) yang menopang payudara juga melemah. Berkurangnya kemampuan jaringan ikat dan melemahnya otot dada ini akan membuat payudara kendur.
  2. Berat badan yang turun drastis akibat diet ketat membuat kulit pembungkus payudara menjadi lembek. dr. Ida Pujiastuti, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin menambahkan berat badan yang naik-turun, akan membuat lapisan lemak dan kelenjar susu menebal secara dramatis, lalu menipis lagi sehingga meregangkan kulit pendukungnya secara permanen sehingga payudara akan semakin turun.
  3. Berkurangnya kemampuan payudara untuk tetap di tempatnya yaitu tergantung pada gen-gen yang mengatur berapa banyak lemak, kelenjar dan jaringan konektif yang terkandung di dalamnya.
  4. Kesalahan memakai bra. Bra berfungsi untuk menutup dada serta mempertahankan bentuk payudara. Seseorang yang salah dalam memilih dan menggunakan bra akan menyebabkan payudara tersebut tak dapat tertopang dengan baik.
  5. Faktor hormonal ini berkaitan dengan proses penuaan yang dialami oleh seseorang. Hal ini biasanya dialami oleh para wanita yang mulai memasuki masa pra-menopause. Pada masa tersebut akan terjadi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada seorang wanita, yang turut mempengaruhi elastisitas dan kekencangan payudara seseorang. Ditambahkan oleh dr. Ida, karena kadar estrogen menurun menyebabkan saluran dan kelenjar susu mulai menyusut sehingga payudara terasa kosong. Jaringan yang membuat payudara kencang juga mengerut dan digantikan oleh lemak, sehingga payudara menjadi lebih berat dan kurang mampu menahan gravitasi.
  6. Kekurangan cairan atau dehidrasi membuat payudara kendur. Kekurangan cairan akan membuat sel-sel kulit yang membentuk payudara berubah menjadi kering. Jika kering, maka akan membentuk celah kosong di antara lapisan kulit pembungkus payudara. Lama kelamaan, sel kulit payudara yang telah kering dan kosong ini membuat melemahnya jaringan ikat yang menopang payudara sehingga payudara terlihat lebih kendur.
  7. Kebiasaan buruk postural atau cara duduk yang salah akan menyebabkan payudara kendur. Kebiasaan duduk yang salah seperti duduknya membungkuk dan tidak tegak.