Atasi keputihan dengan Kunyit

Atasi keputihan dengan Kunyit
Atasi keputihan dengan Kunyit. Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obatasli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia,
Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan "Janar".

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, sepertiturmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Atasi keputihan dengan Kunyit

Obat Luar

Kunyit diiris tipis-tips dan rebus sampai mendidih. Diamkan sampai hangat. Air kunyit tadi dipakai untuk membersihkan vagina. Lakukan pagi dan sore sampai keputihan benar-benar sembuh.
10 lembar daun sirih, 1 jari temulawak dan 1 ruas kunyit. Semua bahan dicuci dan dipotong kecil-kecil, lalu direbus dalam 1 liter air selama 15 menit. Ketika masih hangat, gunakan untuk mencuci vagina. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Obat Dalam/Diminum

Kunyit juga bisa dipakai untuk obat dalam, seperti tiga resep berikut ini:
Kunyit 20 gram (dipotong-potong), 10 gram sambiloto kering, 15 gram kulit delima kering dicuci, kemudian direbus sampai airnya tersisa 300 cc. Saringlah air kunyit tersebut dan minum dua kali sehari. Jika tidak suka dengan rasanya, Anda bisa menambahkan gula aren dan madu. Minumlah secara teratur.

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 buah asam, 1 potong gula kelapa/aren, 1 liter air. Cuci bersih semua bahan. Kunyit dipotong kecil-kecil, rebus dan tambahkan gula kelapa/aren dan biarkan sampai mendidih. Setelah dingin saring dan minum 1 gelas sehari, lakukan 10 hari berturut-turut.
1 ruas jari kunyit yang sudah tua, air asam dan gula jawa. Kunyit dikupas, lalu diparut. Tuangkan air asam dan larutan gula jawa secukupnya dan aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain yang bersih. Air perasannya diminum 2 kali sehari dengan dosis 11/4 gelas sekali minum.

Manfaat Kunyit yang lainnya:

1. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker terbentuk akibat adanya sel yang bermutasi akibat radikal bebas serta racun yang masuk kedalam tubuh dan tidak mampu di netralisir. Agar radikal bebas dan racun bisa di netralisir maka bisa memanfaatkan kunyit yang kaya akan kurkumin sebagai antioksidan. Antioksidan mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Kurkumin yang ada pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Rebus bahan tadi pada 1 liter air hingga mendidih.Saring air rebusan kunyit tadi, minum 2 kali seminggu, sekali minim sebanyak 1/2 gelas.